Minggu, 29 Januari 2017

10 Jenis Burung Ocehan Yang Digemari Di Indonesia

Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan di kenal sebagai Archaeopteryx.
Jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung onta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800–10.200 spesies burung di seluruh dunia. Dan diantaranya sekitar 1.500 jenis ditemukan di Indonesia. Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves. Kebanyakan burung memakan makanan setengah dari berat badan mereka setiap hari.
Pada kesempatan kali ini, MEDIARONGGOLAWE.COM, media online kesayangan sobat Ronggolawers dan Sobat kicau mania nusantara akan berbagi info tentang 10 burung yang di gemari di Indonesia. Burung apa sajakah itu ? Mari kita simak bersama-sama dan kita mulai dari ke 10
10. Burung Cucak Hijau
Meskipun nama umum adalah burung Cucak Hijau atau Cucak Ijo, namun jenis burung kicau ini bukanlah keluarga merbah atau cucak-cucakan. Burung cucak hijau sama sekali bukan satu suku dengan cucakrowo atau cucak jawa misalnya. Yang biasa kita sebut cucak hijau ini memiliki nama ilmiahnya, yaitu. Chloropsis sonnerati. atau burung cica daun besar dengan seluruh badan dominan dengan warna hijau. Chloropsis sonnerati termasuk ke dalam suku Chloropseidae, berkerabat dekat dengan burung cipoh (Aegithina spp.). Dalam bahasa Inggris burung ini di kenal sebagai Greater Green Leafbird.
Jenis-jenis cica daun juga di kenal dengan sebutan umum burung daun, atau murai daun. Bertubuh sedang, dengan panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 22 cm. Seperti umumnya cica-daun, seluruh tubuh didominasi warna hijau terang (hijau daun), termasuk sayap dan ekor, sementara pipi dan leher atau tenggorokan burung jantan berwarna hitam berkilau.

Perbedaan dengan cica daun yang lain adalah adanya warna (noktah) biru pada bahu burung jantan. Burung betina dengan leher atau tenggorokan berwarna kuning dan lingkaran mata kuning. Kedua jenis kelamin memiliki sepasang setrip malar biru berkilau di sisi dagunya. Iris mata berwarna coklat gelap, paruh tebal hitam, dan kaki abu-abu kebiruan. Jenis burung kicau ini kadang bersikap agresif terhadap jenis lain yang berukuran lebih kecil. Saat berkicau, cica daun besar akan menundukkan kepala. Makanannya adalah aneka serangga dan buah-buahan hutan.
9. Burung Kacer
Burung kucer atau Magpie Robin termasuk dalam genus copsyhus. Burung ini terkenal di Indonesia dan ada dua jenis yaitu kacer jawa atau Copsychus sechellarum dan kacer poci atau Copsychus saularis (kacer sumatera).
Perbedaan kedua burung tersebut pada bulu hitam-putih. Burung kacer jawa berbulu hitam dari dada sampai kloaka, sedangkan burung kacer poci warna hitam hanya samapai dada. Dan dari dada ke bawah kloaka berwarna putih. Burung Kacer merupakan salah satu burung petarung yang memiliki gaya paling eksotis yang suaranya sangat memukau. Memiliki burung kacer yang mbagong atau mbedesi memang momok bagi kicau mania. Betapa tidak, bila sedang asyik ditampilkan, ngerol dan nembak, ekornya ngebyak-ngebyak, tiba-tiba dadanya membusung, mekrok. Burung akhirnya tak dapat nilai yang bagus. Sang pemilik-pun akhirnya down melihat jagoannya mbagong
8. Burung Cendet / Burung Pentet.
Burung Cendet / Burung Pentet merupakan salah satu jenis burung kicau predator yang memiliki suara variasi isian yang sangat baik. Banyak para pemgemar burung kicau yang menganggap perawatan burung jenis kicau ini susah.
Tipe suara Cendet yang ngerol, cenderung mendominasi suara ocehan burung lainnya jika kita gantang di dalam rumah bersama-sama. Dibanding burung lain, Cendet yang bisa memiliki lagu variatif (tergantung pola pemasterannya) ini, memiliki warna suara yang merdu. Meski bisa sangat keras, tetapi tidak memekakkan telinga. Beda dengan warna suara burung-burung kicauan lainnya.
7. Burung Murai batu.
Burung Murai Batu merupakan salah satu burung berkicau cerdas terbaik (dari keluarga Turdidae) yang sangat banyak penggemarnya. Merawat burung Murai Batu sangat mudah dan menyenangkan.
Jenis-jenis burung Murai Batu dan asal burung Murai Batu yang banyak di kenal di Indonesia adalah Burung Murai Batu Medan, Burung Murai Batu Aceh, Burung Murai Batu Lampung, Burung Murai Batu Lahat, Burung Murai Batu Jambi dan Burung Murai Batu Kalimantan (Borneo). Suara burung Murai Batu sangat merdu dan bervariasi. Burung Murai Batu adalah salah satu burung penyanyi terbaik di dunia. Dari sinilah murai batu menjadi salah satu burung primadona di Indonesia
http://www.mediaronggolawe.com/10-jenis-burung-ocehan-yang-digemari-di-indonesia.html

Artikel Terkait